DAFTAR PUSTAKA
Admin.2008.
Pengertian software (Perangkat Lunak) Komputer.(online), http://belajar-komputer-mu.com, diakses 15 Desember 2011.
Anynomous.Menjelaskan
artikel Coreldraw.(online), http://www.asian-brain.com diakses 18 Desember 2011.
Purwanto,Heri.2011.Sejarah
Coreldraw.(online), http://www.sejarah-coreldraw.html diakses 21 Desember 2011.
Sirodjuddin,Ardan.2008.Belajar
Coreldraw itu mudah.(online), http://ardan sirudjuddin.wordpress.com
di akses 21 Desember 2011.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
LATAR BELAKANG
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan
teks dan atau gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan. Seni desain
grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan termasuk tipografi,
pengolahan gambar, dan page layout. Desainer grafis menata tampilan huruf dan
ruang komposisi untuk menciptakan sebuah rancangan yang efektif dan
komunikatif. Desain grafis melingkupi segala bidang yang membutuhkan penerjemahan
bahasa verbal menjadi perancangan secara visual terhadap teks dan gambar pada
berbagai media publikasi guna menyampaikan pesan-pesan kepada komunikan
seefektif mungkin.
Desain grafis diterapkan dalam
desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis komunikasi lainnya, desain grafis
dapat merujuk kepada proses pembuatan (mendesain) atau pun produk yang
dihasilkan (desain/rancangan). Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk
media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan,
sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media
elektronik – yang sering kali disebut sebagai “desain interaktif” (interactive
design), atau “desain multimedia” (multimedia design’).
Unsur dalam desain grafis sama
seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut
(termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk
prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti
keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi
(”proportion”) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural
komposisi yang lebih luas.Drawing Tool, Save as Template, dan lain
sebagainya.
1. TUJUAN.
-Supaya kita mengetahui tentang Desain Grafis.
-Memahami lebih lanjut tentang CorelDraw.
BAB II
PEMBAHASAN
1.1.
MENGENAL COERLDRAW.
Corel Draw Merupakan salah satu
aplikasi pengolah gambar berbasis vector yang banyak dipakai oleh pengguna PC,
untuk desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang memerlukan
pemrosesan visual. Keunggulan mengolah gambar berbasis vector adalah ukuran
hasil akhir yang dapat ditekan seminimal mungkin namun dengan kualitas yang
tidak kalah dengan gambar berbasis raster atau bitmap.
1. Menu bar
Merupakan menu utama dari corel draw, yang meliputi:
- File: meliputi pilihan untuk membuat
dokumen baru (New, New from template), membuka dokumen yang sudah ada(Open),
atau menutup dokumen yang sedang terbuka (Close). Teradapat pilihan untuk
mencetak dokumen yang sudah kita buat melalui pilihan print.
- Edit: meliputi pilihan untuk
melakukan Undo (kembali satu langkah proses kebelakang) dan redo (kembali satu
langkah proses kedepan), kemudian pilihan cut, copy dan paste yang berfungsi
untuk menggandakan objek
- View: berhubungan dengan tampilan
dari workspace (Full screen view), jenis tampilan objek diatas workspace
(Simple wireframe – enhanced) serta reaksi object atas object lain (Snap to),
untuk menampilkan penggaris dan garis penunjuk serta grid (Ruler – Enable
rollover)
- Layout: berhubungan dengan
pengaturan workspace, seperti tipe layout apakah landscape atau portrait
(switch layout), mengganti warna background (Page Background),
menambah/mengurangi halaman (Insert, rename, delete page), serta untuk merubah jenis
kertas yang dipakai (page setup)
- Arrange: berhubungan dengan object
yang dibuat, seperti posisi atas objek lain (Align and distribute dan order),
penggabungan objek (group, ungroup, dan ungroup all), merubah bentuk objek
(transformation dan clear transformation), serta untuk mengunci posisi objek
(Lock, unlock, unlock all objects) • Effects: Sesuai dengan artinya, menu ini
untuk memberikan efek kepada objek yang terpilih, seperti gelap – terang,
merubah warna objek, dan efek efek lainnya.
- Bitmap: dikhususkan untukk
memberikan efek pada objek berbasis bitmap.
- Text: menu untuk pengaturan objek
tekx pada corel draw, seperti menempatkan teks pada jalurnya (Fit text to
path), mengatur format teks, atau merubah tipe huruf teks (Change case)
2. Tool Box
Sekumpulan
fungsi yang untuk membuat berbagai objek vektor.
- gunakan tool ini untuk memindah
posisi objek.
(F10) Shape tool : berfungsi untuk merubah objek yang bertipe curve, dimana objek ini memiliki nodes (titik) yang berhubungan.
(F10) Shape tool : berfungsi untuk merubah objek yang bertipe curve, dimana objek ini memiliki nodes (titik) yang berhubungan.
- ZH Zoom tool: berfungsi untuk
memperbesar dan memperkecil tampilan objek di workspace. Memiliki sub pilihan
hand tool (H), berguna untuk menggeser tampilan objek di workspac
- Freehand Pick tools: Berfungsi untuk
menseleksi, memutar, memperbesar/memperkecil objek.
- Selalu tool: digunakan untuk membuat
objek dari garis secara manual.
- (F6) Rectangle Tool: untuk membuat
objek persegi
- (F7) Ellipse Tool: untuk membuat
objek berbentuk lingkara
- Poligon Tool: Untuk membuat objek
berbasis polygon, membuat table sederhana
- Basic Shape: untu membuat objek
sederhana seperti panah, bintang, serta objek acak
- (F8) Text Tool: untuk membaut objek
text Interactive Blend Tool: untuk membuat satu objek berdasarkan
penggabungan dari dua objek
- Eyedropper Tool: alat untuk memilih
warna dari objek yang ada di workspace, serta paintbucket Tool untuk memberikan
warna pada objek berdasarkan warna yang tadi dipilih
- Outline Tool: untuk mengatur jenis,
ukuran, bentuk, dan warna dari garis yang mengelilingi objek
- Fill Tool: Untuk mengatur warna dan
jenis dari fill objek
- Interactive Tool: sama seperti Fill
Tool, namun memiliki property yang lebih mudah diakses
3. Property
bar
Adalah fasilitas yang disediakan untuk memunculkan fungsi‐fungsi yang
sering digunakan ketika aktif pada salah satu alat gambar pada tool box. Isi
dari property bar akan menyesuaikan dengan salah satu alat yang sedang aktif
pada tool box. Berikut ini adalah salah satu fungsi yang muncul pada property
bar ketika mengaktifkan text tool:
a. Mengatur halaman kerja
(workspace)
Setiap kita membuka aplikasi Corel Draw, akan kita jumpai sebuah kotak
putih, kotak ini dapat kita analogikan sebagai selembar kertas untuk kita mulai
menggambar. Ada baiknya sebelum mulai membuat objek, kita atur dulu ukuran dari
kertas yang ingin kita gunakan.
Hal ini dapat kita lakukan dengan memilih menu Layout kemudian memilih
page setup. Disini kita dapat memilih arah kertas, apakah berdiri atau tiduran,
ukuran dan jenis kertas, dan tipe kertas, apakah kertas biasa (normal paper)
atau kertas label (Labels)
b.Mengatur Printer
Jika ukuran kertas pada workspace sudah diatur, jangan lupa untuk
mengatur ukuran kertas pada printer. Hal ini penting agar apa yang kita lihat
di workspace dengan apa yang kita cetak di kertas akan sama atau sinkron.
Untuk mengatur printer, pilih menu file lalu printer setup. Perlu
diperhatikan bahwa tampilan pengaturan setiap jenis printer akan berbeda, namun
pada intinya sama saja. Kita hanya perlu mencari pilihan yang memiliki fungsi
pengaturan halaman (Page Setup)
1.2.
Membuat objek dasar
1. Objek garis
a. Freehand tool
a. Freehand tool
Freehand tool sama seperti kita
menggoreskan pena atau pensil diatas kertas, garis akan tercipta mengikuti arah
goresan kita. Jika titik akhir goresan diklik pada titik awalnya, maka akan
menjadi sebuah object closed, yaitu objek yang dapat diberi warna (fill) Setiap
lekukan garis akan menjadi sebuah titik yang disebut dengan node, garis antar
node disebut dengan segment. Node dan segment akan kami uraikan pada bagian
mengedit objek.
b. Bezier tool
Berfungsi membuat garis, berbeda
dengan freehand tool, garis tidak akan tercipta mengikuti gerak mouse kita,
tapi kita harus melakukan klik pada suatu titik, sehingga akan tercipta sebuah
node, jika kita klik pada titik yang lain, akan tercipta node baru yang akan
terhubung dengan node sebelumnya dengan sebuah segment. Jika ingin membuat
garis lengkung, lakukan klik tahan kemudian gerakkan mouse, maka garis akan
melengkung.
c. Artistic media tool
Tool ini seperti kita menggambar
menggunakan kuas, memiliki ketebalan serta jenis yang beragam. Untuk mengatur
jenis dan ketebalannya, terdapat properties bar yang biasanya terletak tepat
dibawah menu bar.
d. Pen tool
Seperti bezier tool, bedanya adalah,
setiap kita melakukan klik pada sebuah titik, gerakan mouse ke titik berikutnya
akan diikuti oleh garis segment. Untuk membuat garis melengkung dilakukan cara
yang sama dengan bezier tool
e. Polyline tool
Tool ini berfungsi untuk membuat garis yang lurus presisi, tool
sebelumnya akan membuat garis mengikuti persis arah gerakan mouse, sedangkan
Polyline tolol, akan membuat garis yang lurus mengikuti arah gerakan mouse.
f. Three points curve tool
Membuat garis melengkung dapat
dilakukan secara cepat dengan tool ini, cukup lakukan sekali klik tahan,
kemudian geser ke titik lain, akan tercipta sebuah garis lengkung, untuk
mengakhiri cukup klik sekali lagi.
g. Interactive connection tool
Jika ingin membuat semacam diagram
alur, tool ini dapat digunakan untuk membuat alur penghubungnya. Seperti untuk menghubung tabel
satu dengan tabel lainnya.
h. Dimension tool
Digunakan sebagai garis keterangan
ukuran sebuah objek
2.
Objek bentuk
a. Objek persegi (Rectangle Tool)
Tool ini digunakan untuk membuat suatu objek persegi empat.
Tool ini digunakan untuk membuat suatu objek persegi empat.
b. Objek lingkaran (Elipse Tool)
Gunakan tool ini untuk membuat objek lingkaran, agar tercipta lingkaran bulat sempurna, tekan tombol Ctrl pada keyboard sambil menggeser mouse.
Gunakan tool ini untuk membuat objek lingkaran, agar tercipta lingkaran bulat sempurna, tekan tombol Ctrl pada keyboard sambil menggeser mouse.
c. Objek poligon (Poligon Tool)
Untuk membuat objek berbentuk bintang, gunakan ikon persegi lima (Symetrical Polygon). Tool ini memiliki properti untuk tiap tiap ikon yang ada.
Untuk membuat objek berbentuk bintang, gunakan ikon persegi lima (Symetrical Polygon). Tool ini memiliki properti untuk tiap tiap ikon yang ada.
e. Objek Text (Text tool)
Untuk memuat objek text, pilih tool ini, kemudian klik pada workspace
kemudian ketikkan kata yang diinginkan. Kita juga dapat membuat text box agar
kalimat yang diketikkan lebih rapi, dengan melakukan drag (klik tahan) dan buat
kotak sesuai kebutuhan.
3. Melakukan editing objek.
a. Shape tool
- Shape tool. Digunakan untuk merubah posisi node dan bentuk dari segment.
- Knife tool. Untuk memotong suatu objek dengan cara membuat garis melintang diatas objek yang ingin dipotong
- Shape tool. Digunakan untuk merubah posisi node dan bentuk dari segment.
- Knife tool. Untuk memotong suatu objek dengan cara membuat garis melintang diatas objek yang ingin dipotong
- Eraser tool Berfungsi untuk menghapus suatu
bagian dari objek
- Smudge brush
Dapat digunakan untuk menghapus
atau memperluas daerah sebuah objek. Jika kita drag dari luar objek ke bagian
objek, maka bagian objek yang dilewati oleh sapuan mouse akan terhapus. Namun
sebaliknya, jika kita drag dari dalam objek ke luar, maka daerah sapuan mouse
akan menjadi bagian dari objek tersebut.
Roughen brush Berguna untuk
merubah garis lengkung menjadi garis lurus yan acak Free transform tool
Berfungsi untuk melakukan rotasi pada obejk yang bersumbu pada titik klik mouse.
b.
Interactive extrude tool
-Interactive blend tool
Berfungsi untuk membuat efek
penggandaan dari dua buah objek.
-Interactive contour tool
Berfungsi untuk membuat efek
penggandaan dari sebuah objek
-Interactive distortion tool Membuat objek menjadi bentuk abstrak
-Interactive envelope tool Berfungsi untuk merubah bentuk sebuah objek
dengan
merubah guide node
-Interactive extrude tool Memberikan efek tiga dimensi pada objek
-Interactive drop shadow Memberikan efek bayangan pada objek
-Interactive tranparency tool Dapat digunakan untuk memberikan kesan
1.3. Cara Memotong, Menggabung, dan
Operasi Objek pada CorelDraw
a.Kita buat dulu objeknya. Objek
pertama adalah persegi dan objek kedua adalah lingkaran sempurna. Gunakan tool
Rectangle dan Ellipse tool untuk membuat kedua ojek tersebut, sambil menekan
tombol keyboard CTRL + klik dan drag via tool tersebut agar objek menjadi
benar-benar persegi dan lingkaran.
b.Warnai objek tersebut dengan warna
merah untuk lingkaran dan kuning untuk persegi. Aktifkan snap to objek dan
pindah posisi tengah lingkaran di unjung pojok bawah kanan persegi.
c.Pilih objek lingkaran menggunakan
pick tool kemudian sambil menekan tombol SHIFT klik objek persegi, sehingga
keduanya terseleksi.
BAB III
PENUTUP
1.1. KESIMPULAN.
Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti
jenis komunikasi lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan
(mendesain) atau pun produk yang dihasilkan (desain/rancangan). Desain grafis
pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan
brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga
diterapkan dalam media elektronik – yang sering kali disebut sebagai “desain
interaktif” (interactive design), atau “desain multimedia” (multimedia design’)
Corel Draw Merupakan salah satu
aplikasi pengolah gambar berbasis vector yang banyak dipakai oleh pengguna PC,
untuk desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang memerlukan
pemrosesan visual. Keunggulan mengolah gambar berbasis vector adalah ukuran
hasil akhir yang dapat ditekan seminimal mungkin namun dengan kualitas yang
tidak kalah dengan gambar berbasis raster atau bitmap.
No comments:
Post a Comment